Jumat, 14 Oktober 2011

menggunakan search engine


Menggunakan mesin pencari (search engine) merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya di belantara world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang anda butuhkan:
1. Gunakan mesin pencari yang tepat
Ditengarai sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs mesin pencari yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum
Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci telescope dalam mesin pencari. Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga malahan mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci Short biography of astronomer Edwin Hubble akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Juga perhatikan ejaan dari kata kunci yang anda masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawa anda untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble AND biography NOT telescope akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian anda.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan “Hubble Space Telescope” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Hubble Space Telescope” AND launch.
6. Manfaatkan Direktori
beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau Incari.
7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda
Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
8. Gunakan fungsi “Find” pada browser anda
Ketika mesin pencari mengantarkan anda pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang anda cari disana. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang anda lakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan Hubble. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.
Diposkan oleh fitriawahyuddin di 04:18 0 komentar

Terdapat beberapa Web Browser yang tersedia, Namun, 90% masyarakat dunia Internet menggunakan salah satu dari dua browser paling populer - Netscape Navigator atau Microsoft Internet Explorer. Kedua web browser mengalami persaingan tajam (yang umumnya disebut "perang browser"). Namun fungsinya hampir mirip - bahkan semua web browser terdiri dari fitur yang sama.
Elemen Web Browser
Hyperlinks:
Merupakan elemen navigasi yang paling dasar di Web browser. Link merupakan suatu teks yang akan membawa Anda ke halaman Web lain (atau tempat lain dalam halaman Web ), ketika anda klik di atasnya. Link biasanya dibedakan dari sekitar teks dengan warna yang berbeda dan bergaris bawah.
Link yang telah dikunjungi sebelum anda, biasanya akan memiliki warna yang berbeda untuk orang-orang yang belum berkunjung setelah Anda. Anda dapat menentukan standar Tampilan link di browser Anda "preferensi". Beberapa halaman akan tetap tampilan standar, tetapi lain tempat dapat ditentukan sendiri warna link.
Link mungkin juga dalam bentuk foto. Tidak ada panduan yang jelas untuk menentukan apakah gambar adalah link (kadang-kadang ada garis pembatas biru di sekitar gambar). Sebagian besar situs Web yang baik akan membuat pengunjung melihat gambar dan tertarik untuk diklik.
Bila Anda memindahkan kursor di atas link, bentuk kursor biasanya akan berubah menjadi icon tangan. Jalankan kursor Anda diatas link dan Anda akan melihat kursor berubah menjadi icon tangan dan status bar akan menunjukkan alamat URL.
Location/Address Box:
Cara lain untuk mendapatkan alamat situs Web adalah menulis URL di dalam kotak lokasi / alamat Untuk melakukan hal ini Anda harus tahu URL. Anda dapat mendapatkannya dari sumber eksternal (misalnya iklan, artikel di majalah, buku) - atau Anda dapat menyalin dan menyisipkannya dari tempat di komputer Anda (misalnya email). Jika menulis URL di web browser Anda harus pastikan bahwa yang Anda ketik sama persis seperti yang tertulis. Satu kesalahan kecil (seperti menggunakan salah titik) maka web browser tidak akan dapat menemukan halaman yang Anda inginkan. Setelah Anda mengetik (atau menyisipkan) URL, Anda perlu menekan tombol "Enter" untuk proses web browser menuju ke alamat URL tersebut.
Back Button:
Tombol Kembali: tombol navigasi ini adalah sebuah alat. Ini akan membawa Anda kembali ke halaman terakhir Anda membuka situs web.
Go Menu:
Buka menu yang adalah seperti tombol kembali, tetapi memiliki daftar dari semua halaman yang telah dikunjungi. Anda dapat menggunakannya untuk kembali ke halaman yang telah dikunjungi sebelumnya. Ia membawa Anda harus berulang kali tekan tombol kembali. Di Netscape, menggunakan "Buka" menu pada menu bar. Di Internet Explorer pada menu adalah tanda panah bawah di samping tombol Back.
Bookmarks/Favorites:
Bookmarks / Favorit: adalah tempat untuk menyimpan alamat situs web - sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan halaman situs web yang Anda sukai dengan cepat. Untuk menetapkan satu penanda di Netscape, pilih "Tambahkan Bookmark" dari "Penunjuk" menu. Di Internet Explorer penanda disebut "Favorit" - pilih "Tambahkan ke favorit" dari "Favorit" menu. Bila Anda ingin kembali ke halaman situs web kesukaan Anda, tinggal klik di bookmark,
Images:
Gambar membuat halaman Web terlihat menarik, tetapi gambar juga yang membuat beberapa halaman Web memakan waktu yang lama untuk loading. Jika anda menggunakan koneksi yang lambat Anda mungkin tidak ingin buang waktu anda dengan mendownload banyak gambar. Anda perlu menonaktifkan "Auto Load Images" atau "Tampilkan Gambar" di browser Anda melalui 'preferensi / pilihan. Jika Anda melakukannya Anda akan segera mengetahui bahwa Anda kehilangan banyak informasi yang ditampilkan oleh gambar tersebut. Jika Anda memutuskan apakah Anda ingin melihat gambar tertentu, Anda dapat memuat dengan mengklik tombol mouse sebelah kanan (kanan) di tempat gambar, dan memilih "Load Image" atau "Tampilkan Gambar" dari menu pop up. Anda dapat menyimpan gambar ke komputer Anda (tapi ingat tentang undang-undang hak cipta!) Dengan mengklik kanan (atau klik terus di mac) pada gambar Anda ingin menyimpan dan memilih "Simpan Gambar Sebagai ..." or "Save Picture As" dari menu pop up.
Home Button:
Home tombol (tombol di bar di bagian atas browser) akan membawa Anda kembali ke "rumah" halaman situs web . Anda dapat menentukan homepage Anda di halaman preferensi web browser Anda (atau "Internet Options"). Anda dapat membuat homepage apapun yang Anda inginkan - ini yang paling berguna jika Anda menjadikannya sebagai halaman yang Anda sering digunakan sebagai titik awal - Online misalnya.
Reload:
Tombol Reload tombol yang akan memuat lagi dari seluruh halaman situs Web. Hal ini berguna jika:
  • Bagian halaman yang hilang karena sesuatu terjadi saat ia sedang dimuat;
  • Anda akan mencari halaman web yang isinya sering berubah dan Anda ingin melihat konten baru.
New Browser Window:
Dengan memilih "New Web Browser" atau "... New Window" dari "File" menu Anda dapat membuka jendela web browser baru. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan satu halaman utuh saat Anda keluar dan menemukan halaman lain. Misalnya Anda mungkin ingin menyimpan sebuah halaman hasil pencarian di satu jendela web browser saat Anda menggunakan jendela lain untuk memeriksa hasil halaman. Jika Anda memutuskan halaman tidak cukup dari apa yang Anda inginkan, Anda dapat menutup jendela browser dan kembali ke daftar hasil pencarian tanpa harus kembali ke semula (cara yang baik yang dapat dilakukan adalah 'klik kanan' atau 'klik link’ dan memilih "Buka Link di New Window" dari menu popup).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar